Menhan Prabowo Lihat Langsung KRI Golok-688 dan Tank Boat Antasena di Jawa Timur

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengunjungi industri Pertahanan Swasta di bidang perkapalan, PT Lundin Industry Invest di Banyuwangi Jawa Timur, Selasa (7/9/2021). Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Jawa Timur tersebut Prabowo disambut oleh Pemimpin PT Lundin, John Lundin dan Lizza Lundin. "Selama berada di PT Lundin, Menhan Prabowo berkesempatan meninjau kapal perang buatan PT Lundin, yakni Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran yang diberi nama KRI Golok 688 dan Tank Boat Antasena," dikutip dari laman resmi Kemhan, kemhan.go.id, pada Selasa (7/9/2021).

Prabowo berharap industri perkapalan dalam negeri di bidang pertahanan terus dikembangkan. Ia yakin industri dalam negeri tersebut dapat bersaing dengan produk produk industri pertahanan luar negeri. KRI Golok 688 merupakan kapal perang yang terbuat dari bahan komposit, memiliki keunggulan kekuatan yang tinggi, lebih ringan, serta mempunyai ketahanan lelah dan ketahanan korosi sangat baik.

Kapal tersebut memiliki panjang seluruhnya (Loa) 62,53 meter, lebar 16 meter, dan tinggi kapal dari draft 18,7 meter dengan bobot 53,1 ton. Kecepatan maksimum yang bisa dicapai kapal tersebut yakni 28 knots dengan kecepatan jelajah 16 knots. Kapal perang tersebut juga dipersenjatai meriam 30 mm, senapan 12,7 mm serta mampu mengangkut 25 ABK.

Pada akhir Agustus lalu TNI AL secara resmi menerima kapal perang tersebut untuk menjaga wilayah Indonesia. Selain KRI Golok 688, Prabowo juga meninjau pembangunan tank boat Antasena. Badan kapal tank boat Antasena yang terbuat dari karbon komposit memiliki kekuatan 10 kali lebih kuat dari baja.

Meski begitu, karena bobotnya yang ringan kendaraan tersebut bisa bergerak cepat dan mampu menghancurkan musuh dari jarak 5 kilometer. Antasena adalah prototipe tank boat buatan PT Pindad (Persero), yang diproduksi di PT Lundin dan masuk dalam jajaran Alat Utama Sistem Senjata (alutsista) TNI Angkatan Darat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Nasional

Profil dan Kisah Cut Nyak Dhien, Pahlawan Nasional Wanita yang Menentang Kolonialisme Belanda

Berikut ini profil dan cerita kehidupan Cut Nyak Dhien, pahlawan nasional wanita asal Aceh yang menentang kolonialisme Belanda. Dikutip dari lamanresmi Pemerintah Aceh, pemerintah Indonesia mengangkat Cut Nyak Dhien sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 106/TK/1964 pada tanggal 2 Mei 1964. Sebagai tokoh penting dalam sejarah Tanah Air, Cut Nyak Dhien […]

Read More
Nasional

KPK Usut Penganggaran PMD oleh Banggar DPRD DKI Lewat Prasetyo Edi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami proses penganggaran oleh Banggar DPRD DKI Jakarta terkait Penyertaan Modal Daerah (PMD) untuk Perusahaan Umum Daerah Pembangunan Sarana Jaya. Salah satu penggunaan PMD itu untuk pengadaan tanah di Munjul, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur yang berujung rasuah. Pengusutan itu dilakukan saat tim penyidik KPK memeriksa Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo […]

Read More
Nasional

Aturan Baru PPKM Jawa-Bali Level 3 & 2: Bioskop Dibuka, Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Jawa Bali kembali diperpanjang selama dua pekan. PPKM Jawa Bali diperpanjang hingga 4 Oktober 2021 mendatang. Namun, pemerintah akan tetap melakukan evaluasi PPKM setiap minggunya. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan pers virtual, Senin (20/9/2021). "Perubahan PPKM level […]

Read More