KUNCI JAWABAN Tema 3 Kelas 5 SD Halaman 40 41 42 43 44 Buku Tematik Pembelajaran 6 Subtema 1

Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 3 SD/MI Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 23, 24, 25, 26, 27, 30, dan 31 tentang Kertas di Sekitar Kita. Sejumlah soal terdapat pada buku Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Kelas 3 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 halaman 22 hingga 31. Ada empat subtema dalam Buku Tematik kelas 3 SD Tema 3 yang berjudul Benda di Sekitarku.

Pada Subtema 1, siswa kelas 3 SD akan belajar mengenai Aneka Benda di Sekitarku. Ada beberapa pembelajaran yang bisa dikerjakan siswa kelas 3 SD/MI dalam Buku Tematik Tema 3 subtema 1. Bacalah wacana di bawah ini!

Banyak benda yang terbuat dari kertas. Seperti buku tulis yang biasa digunakan. Contoh lain tisu, kardus, dan koran juga terbuat dari kertas. Kayu adalah bahan dasar untuk membuat kertas. Pembuatan kertas dilakukan secara bertahap di pabrik. Kayu kayu besar dipotong hingga sebesar korek api. Setelah itu, kayu dipanaskan hingga menjadi bahan lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut bubur kertas atau pulp.

Proses selanjutnya, pulp diberi pewarna dan disaring hingga kandungan airnya habis. Pulp yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait. Kemudian, serat selulosa ini digiling hingga pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan. Cobalah kamu menulis di atas kaca. Apakah hasil tulisanmu di atas kaca seperti di kertas? Kertas memiliki sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta pulpen dengan baik. Dengan demikian, semua yang kamu tulis di kertas dapat dibaca dengan jelas. Perhatikan benda benda di sekitarmu! Tuliskan nama benda yang terbuat dari kertas!

Buku Kalender Buku gambar

Layang layang Foto presiden dan wakil presiden Sebuah fakta menunjukkan kalau kita menghemat 1 ton kertas, berarti kita menghemat 13 batang pohon besar.

Fakta yang luar biasa! Apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat kertas? (Sumber: www. Kidnesia.com) Menggunakan kertas yang tidak terpakai

Mendaur ulang kertas Menggunakan kertas daur ulang Menggunakan kertas dua sisi

Tidak membuang buang kertas Udin dan teman temannya berpendapat tentang menghemat kertas. Bacalah pendapat berikut! Setiap tahun ajaran baru, aku meminta ibu membeli buku tulis baru. Sekarang, aku akan menggunakan buku lama. Buku lama yang halamannya belum terpakai. Jika ingin terlihat seperti baru, ganti saja sampulnya!

Kalau aku akan memanfaatkan kertas yang masih dapat digunakan. Misalnya, menggunakan kertas di dua sisinya. Dengan demikian, tidak menghabiskan kertas banyak. Saya sendiri tidak dapat menghemat kertas sebanyak satu ton. Akan tetapi, bila setiap orang melakukan penghematan, pasti berton ton kertas dapat dihemat. Asyik, bukan! Diskusikan secara berkelompok. Apa yang dapat kamu lakukan untuk menghemat kertas? Tuliskan hasil diskusi kelompokmu. Perhatikan penggunaan huruf besar dan tanda baca yang tepat!

Yang dapat saya lakukan untuk menghemat kertas adalah menggunakan kertas yang tidak terpakai. Selain itu, saya juga akan memakai kertas dua sisi. Kamu telah membaca wacana di atas. Wacana tentang "Kertas di Sekitar Kita" Carilah arti kata berikut dengan tepat! Kamu dapat bertanya kepada gurumu. Kamu juga dapat mencari di kamus Bahasa Indonesia.

Selulosa Jawaban: polisakarida yang dihasilkan oleh sitoplasma sel tanaman yang membentuk dinding sel Lunak

Jawaban: lembut; empuk Molekul Jawaban: bagian terkecil senyawa yang terbentuk dari kumpulan atom yang terikat secara kimia

Ampas Jawaban: sisa barang yang telah diambil sarinya atau patinya Pulp

Jawaban: campuran bahan selulosa, seperti kayu, kertas, kain bekas yang dilumatkan dan dimasukkan ke dalam air untuk membuat kertas; bubur kertas Pipih Jawaban: tipis rata

Menyerap Jawaban: mengisap (tentang suatu benda terhadap barang cair) Kardus

Jawaban: karton Serat Jawaban: sel atau jaringan serupa benang atau pita panjang, berasal dari hewan atau tumbuhan (ulat, batang pisang, daun nanas, kulit kayu, dan sebagainya), digunakan untuk membuat kertas, tekstil, dan sikat

Menggiling Jawaban: melumatkan (memipihkan) sesuatu dengan batu giling. Buatlah kalimat dengan menggunakan kosakata di atas!

Selulosa Jawaban: Kertas terbuat dari kayu karena kayu memiliki serat selulosa yang kuat. Lunak

Jawaban: Ibu merebus ubi hingga ubinya menjadi lunak dan enak dimakan. Molekul Jawaban: Bubur kertas digiling hingga molekul air yang tersisa hanya sedikit sekali.

Ampas Jawaban: Kertas tersebut terbuat dari ampas tebu dan sekam padi. Pulp

Jawaban: Bapak sedang mengolah pulp di pabrik kertas. Pipih Jawaban: Cacing itu bentuknya pipih dan berwarna merah.

Menyerap Jawaban: Kain pel menyerap air yang tumpah di lantai. Kardus

Jawaban: Kakak membeli lima lembar karton. Serat Jawaban: Pembuatan bubur kertas untuk memperoleh serat serat selulosa

Menggiling Jawaban: Ayah gemar menggiling biji kopi sangrai di rumah. Bahan dasar kertas adalah kayu. Kayu berasal dari pohon. Perhatikan pohon pohon yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kertas! Perhatikan gambar di bawah ini!

Pohon manakah yang paling tinggi? Bagaimana caramu mengukur tinggi suatu pohon? Tinggi badanmu pasti berbeda dengan temanmu. Apakah semua panjang atau tinggi benda dapat diukur dengan alat ukur yang sama?

Alat ukur panjang benda bermacam macam. Kamu sudah mengenal beragam alat ukur pada pembelajaran sebelumnya. Jawablah pertanyaan berikut! 1. Sebutkan satuan panjang yang telah kamu ketahui!

Jawaban: Km = kilometer Hm = hektometer

Dam = dekameter = meter Dm = desimeter

Cm = centimeter Mm = milimeter 2. Tuliskan alat ukur yang tepat untuk mengukur benda benda berikut! Diskusikan bersama temanmu!

Jawaban: Bagian yang Diukur: Tinggi badanmu Jenis Alat Ukur yang Digunakan: Meteran pita

Bagian yang Diukur: Panjang lingkar pinggang Jenis Alat Ukur yang Digunakan: Meteran pita Bagian yang Diukur: Panjang meja di kelas

Jenis Alat Ukur yang Digunakan: Meteran saku Bagian yang Diukur: Panjang lompatan teman kelompokmu Jenis Alat Ukur yang Digunakan: Meteran rol

Bagian yang Diukur: Lebar papan tulis di kelasmu Jenis Alat Ukur yang Digunakan: Meteran saku Bagian yang Diukur: Panjang halaman sekolah

Jenis Alat Ukur yang Digunakan: Meteran rol Kamu sudah berdiskusi tentang alat ukur. Alat ukur yang tepat untuk mengukur sesuatu. Coba lakukan kegiatan berikut ini! 1. Ukurlah tinggi badan lima orang temanmu di kelas!

2. Tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini. Gunakan satuan cm dalam pengukuranmu! Banu: 130 cm

Salsa: 120 cm Bayu: 135 cm Sania: 127 cm

Sinta: 122 cm 3. Urutkanlah hasil pengukuranmu! Mulailah dari yang terpendek hingga yang tertinggi! Salsa: 120 cm

Sinta: 122 cm Sania: 127 cm Banu: 130 cm

Bayu: 135 cm Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya. Kunci jawaban ini merupakan pedoman orang tua atau wali dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Simak kunci jawaban Tema 3 Kelas 5 SD halaman40, 41, 42, 43, dan 44 Buku Tematik, Subtema 1 Pembelajaran 6. Masih ingatkah kamu dengan iklan masyarakat berikut ini? Iklan tersebut ternyata memiliki beberapa kalimat. Amatilah iklan tersebut dengan saksama. Catatlah hal hal kecil yang menurutmu penting dan terdapat di dalam iklan tersebut. Jawaban:

Tema iklan Kata kunci iklan Kalimat iklan

Dayu, Lani, dan teman teman sekelompoknya sedang bekerja mempersiapkan tugas membuat iklan dengan topik gaya hidup sehat. Bagaimana cara mereka memulai membuat tugas tersebut? Simaklah percakapan Lani, Dayu, dan teman temannya! Lani: “Dayu, aku mau kalimat intinya seperti ini ya!”

Dayu: “Sepertinya kurang bagus, Lan. Kalau menurutku baiknya menggunakan kalimat buatan Udin. Lebih singkat, padat, dan jelas. Tidak apa apa, ya?” Lani: “Yah..begitu ya? Ya, sudahlahlah, aku ikut saja bagaimana baiknya.” Siti: “Kalau gambarnya bagaimana? Ada ide tidak, teman teman?”

Lani: “Karena ini berkaitan dengan gaya hidup sehat dan harus sesuai dengan kalimat Udin, maka aku usul bagaimana kalau gambarnya beberapa siswa yang berolahraga?” Udin: “Aku setuju, menurutku itu ide yang bagus.” Siti: “Aku juga berpikir begitu, yang lain bagaimana?”

Dayu: “Aku pikir bagus, Lan. Berarti kita semua sepakat, ya? Kita akan menggunakan kalimat miliknya Udin dan gambar dari idenya Lani, ya?” Semua teman: “Setuju!” Diskuskan dengan kelompokmu tentang:

1. Hal hal positif yang bisa diperoleh dari kerja kelompok. Jawaban: Dengan kerja kelompok kita dapat mempunyai rasa tanggung jawab, kerja sama, kekompakan, dan pekerjaan lebih cepat selesai.

2. Tantangan yang muncul saat kerja kelompok. Jawaban: Tantangan dalam kerja kelompok seperti saat timbul perbedaan berpendapat, ada anggota yang hanya mementingkan dirinya sendiri, dan tidak semua anggota mau ikut bekerja.

Ceritakan pengalaman pribadimu tentang perbedaan yang kamu hadapi saat berada di dalam lingkungan sekolah atau rumah. Jawaban: Perbedaan di lingkungan sekolah yang pernah saya hadapi saat saya harus pindah ke pulau Jawa dari pulau Sumatera.

Perbedaan kebudayaan, perbedaan bahasa dan nada yang digunakan saat berbicara, dan masih banyak yang lainya. Ternyata perbedaan justru membuat segala sesuatunya menjadi indah. Layaknya pelangi yang beraneka warna, begitulah seharusnya kita melihat perbedaan. Bayangkan jika semua pelangi memiliki warna yang sama. Tentunya kurang menarik untuk dipandang bukan? Bayangkan pula dalam sebuah iringan lagu, hanya terdapat satu alat musik saja. Pastinya akan terkesan monoton. Sebagaimana halnya perbedaan budaya dan adat istiadat, alat musik daerah pun bisa beraneka ragam bergantung dari daerah yang bersangkutan. Identifikasikan alat alat musik pada gambar. Apakah nama alat alat musik tersebut dan dari mana asalnya?

Jawaban: Gambar A Nama alat musik: Kecapi Asal daerah: Jawa Barat Gambar B Nama alat musik: Sasando Asal daerah: Nusa Tenggara Timur

Gambar C Nama alat musik: Kolintang Asal daerah: Sulawesi Utara Gambar D Nama alat musik: Angklung Asal daerah: Jawa Barat Apakah perbedaan alat musik A dan B?

Jawaban: Perbedaan Kecapi dengan Sasando terletak pada daerah asalnya, jumlah senar atau dawai, bahan tabung resonansi hingga cara memetiknya. Apakah perbedaan alat musik C dan D?

Jawaban: Perbedaan Kolintang dengan Angklung terletak pada daerah asal, bahan pembuatan, tabung resonansi hingga cara memainkannya. Apakah alat musik khas daerah tempat tinggalmu?

Jawaban: Saya tinggal di Jawa Tengah, alat musik khas Jawa Tengah adalah Gamelan. Pada kegiatan sebelumnya, kita telah membawakan lagu Mars Hidup Sehat dengan menggunakan alat musik ritmis sederhana. Kali ini kita akan berlatih sekali lagi menyanyikan lagu Mars Hidup Sehat dengan iringan alat musik ritmis sederhana. Selanjutnya tampilkanlah lagu mars tersebut bersama teman sekelompokmu di depan kelas. Setelah selesai, lakukanlah refleksi berikut ini.

Refleksi Kerja Kelompok • Apakah hal hal positif yang dapat kuperoleh dari kegiatan kerja kelompok ini? Jawaban:

Hal hal positif yang diperoleh dari kerja kelompok adalah belajar bertanggung jawab, melatih kerjasama tim, menghargai pendapat orang lain, dan mengasah keemampuan berpikir kritis. • Apakah tantangan yang aku hadapi saat kerja kelompok? Jawaban:

Tantangan yang muncul saat kerja kelompok antara lain adanya perbedaan pendapat, ada anggota yang hanya mementingkan dirinya sendiri • Apakah yang akan kulakukan untuk membuat kerja kelompok ini lebih baik? Jawaban:

Agar kerja kelompok lebih baik perlu membangun komunikasi yang baik dengan para anggota kelompok, setiap anggota kelompok harus memiliki rasa tanggung jawab untuk mengerjakan tugas kelompok dengan sebaik baiknya. Setiap orang memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda. Menurutmu, sikap apa yang harus dimiliki agar dapat menyatukan berbagai perbedaan yang ada? Bersama dengan orang tuamu, cobalah temukan kegiatan kegiatan yang biasa kamu lakukan di rumah yang mencerminkan kerja sama antaranggota keluarga.

Apakah dalam keluargamu pernah ada perbedaan pendapat? Bagaimana keluargamu mengatasi perbedaan pendapat tersebut? *) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pendidikan

Kisah Guru di Sangihe Berjuang Beri Pembelajaran di Masa Pandemi Dalam Keterbatasan

Masa pandemi Covid 19 memberikan sejumlah kesulitan bagi pembelajaran di sejumlah daerah, tak terkecuali di Tabukan Selatan Tengah, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara. Ahmad Ridhwan, guru SMP Negeri 3 Satap Tabukan Selatan Tengah, mengungkapkan sejumlah kesulitan kesulitan tersebut. Menurut Ridhwan, kualitas pembelajaran di masa pandemi Covid 19 sangat tidak maksimal. "Pembelajaran di masa pandemi Covid 19 […]

Read More