Jenazah Korban Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang Asal Portugal Bakal Dikremasi di Jakarta

Direktur Binapi Latkepro Ditjenpas Kemenkumham, Thurman Hutapea mengatakan, jenazah Ricardo Ussumane Embalo bin Antonio Embalo (51) yang merupakan korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang asal Portugal akan dikremasi. Thurman mengatakan hal tersebut dilakukan pihaknya berdasarkan permintaan dari pihak keluarga Ricardo melalui Kedutaan Besar dan Konsuler Portugal. Keputusan ini juga didapat setelah Kemenkumham berkoordinasi dengan Kedutaan Besar terkait.

“Keluarga korban telah meminta proses kremasi dilakukan di Indonesia," kata Thurman saat ditemui awak media di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (14/9/2021). Hanya saja, Thurman tidak menjelaskan secara detail kapan kremasi jenazah Ricardo dilakukan. Dirinya hanya meyakinkan, kalau setelah prosesi kremasi itu, abu dari jasad Ricardo akan dikirim kepada keluarganya di Portugal.

"Iya (abunya) dikirimkan ke Portugal," ucapnya. Hal senada diungkapkan Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjenpas Kemenkumham Abdul Aris. Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Kedutaan Besar terkait, soal pelaksanaan prosesi kremasi jenazah Ricardo.

Kata dia juga, terkait dengan penyerahan abu dari jasad jenazah Ricardo hingga saat ini, Ditjenpas masih terus menunggu informasi dari keluarga. "Jadi kami masih melakukan koordinasi dengan Kedutaan Besar Portugal, termasuk nanti terkait permintaan dari keluarga," ucapnya saat dihubungi via telepon. Seperti diketahui, jenazah Ricardo Ussumane Embalo bin Antonio Embalo (51) merupakan satu dari 41 jenazah korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang yang berhasil teridentifikasi pada, Senin (13/9/2021) kemarin.

Jenazah Ricardo teridentifikasi berdasarkan test DNA dari ayah kandungnya Antonio Embalo dan rekam medis. Hingga hari ini, total sudah ada 25 jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang yang teridentifikasi dengan 16 di antaranya telah diserahkan kepada pihak keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Nasional

Profil dan Kisah Cut Nyak Dhien, Pahlawan Nasional Wanita yang Menentang Kolonialisme Belanda

Berikut ini profil dan cerita kehidupan Cut Nyak Dhien, pahlawan nasional wanita asal Aceh yang menentang kolonialisme Belanda. Dikutip dari lamanresmi Pemerintah Aceh, pemerintah Indonesia mengangkat Cut Nyak Dhien sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 106/TK/1964 pada tanggal 2 Mei 1964. Sebagai tokoh penting dalam sejarah Tanah Air, Cut Nyak Dhien […]

Read More
Nasional

KPK Usut Penganggaran PMD oleh Banggar DPRD DKI Lewat Prasetyo Edi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami proses penganggaran oleh Banggar DPRD DKI Jakarta terkait Penyertaan Modal Daerah (PMD) untuk Perusahaan Umum Daerah Pembangunan Sarana Jaya. Salah satu penggunaan PMD itu untuk pengadaan tanah di Munjul, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur yang berujung rasuah. Pengusutan itu dilakukan saat tim penyidik KPK memeriksa Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo […]

Read More
Nasional

Aturan Baru PPKM Jawa-Bali Level 3 & 2: Bioskop Dibuka, Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Jawa Bali kembali diperpanjang selama dua pekan. PPKM Jawa Bali diperpanjang hingga 4 Oktober 2021 mendatang. Namun, pemerintah akan tetap melakukan evaluasi PPKM setiap minggunya. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan pers virtual, Senin (20/9/2021). "Perubahan PPKM level […]

Read More