Catat Perbedaan Osteoporosis dan Osteoarthritis Supaya Pencegahannya Tepat

Sering dianggap sama, perbedaan osteoporosis dan osteoarthritis ternyata cukup jelas terlihat dan bisa dibedakan dengan cukup mudah.

Kebanyakan yang menganggap sama adalah mereka yang mengetahui kedua penyakit ini secara sekilas.

Padahal jika mau dilihat lebih detail, ada banyak perbedaan dari keduanya, mulai dari tempat hingga gejala yang muncul.

 Bahkan perbedaannya pun terlihat dari kebiasaan penderitanya, selain juga karena faktor tertentu.

Perbedaan Osteoporosis dan Osteoarthritis yang Perlu Diketahui

Ada banyak perbedaan kedua penyakit tulang ini. Meski banyak juga yang menyamaratakannya.

Hal ini lantaran penyakit tersebut memang menyerang tulang pada manusia, atau yang dekat dengan tulang.

Namun, keduanya tetap memiliki perbedaan yang tidak mirip. Berikut perbedaan osteoporosis dan osteoarthritis yang perlu Anda ketahui supaya tidak salah lagi.

Tempat Terjadinya

Meski keduanya adalah penyakit tulang, tapi tempat terjadinya penyakit tersebut berbeda. Jika berbeda tempat, tentu tidak bisa dianggap sama.

Jika osteoporosis menyerang tulang dengan menurunkan kepadatannya, maka osteoarthritis menyerang sendi antar tulang tersebut.

Osteoporosis akan menyebabkan tulang mengalami keroposan akibat jaringannya yang rusak. Sedangkan osteoarthritis lebih mirip radang sendi.

Penyebab Penyakit

Selain berbeda tempat penyakit ini menjangkit manusia, penyebab terjadinya juga sama sekali berbeda.

Osteoporosis umum terjadi pada manusia yang berusia lanjut, sedangkan osteoartritis lebih sering terjadi pada orang dengan pekerjaan fisik berat.

Penyakit osteoporosis biasanya karena kekurangan vitamin D dan juga kalsium, berbeda dengan osteoarthritis yang terjadi akibat cedera sendi.

 

Gejala yang Ditimbulkan

Faktor lain yang membedakan kedua penyakit tersebut adalah ada pada gejala yang timbul. Keduanya memiliki gejala yang berbeda.

Penderita osteoporosis awalnya tidak merasakan gejala sakit yang berarti, namun jika sudah cukup kronis akan membuatnya sulit untuk berdiri. Keseimbangan tubuh jadi terganggu.

Lain lagi dengan osteoarthritis yang membuat penderitanya merasakan nyeri pada persendian akibat bantalan sendi yang menipis, sehingga pergerakan antar tulang terjadi.

Itulah beberapa perbedaan osteoporosis dan osteoarthritis yang sebenarnya mudah untuk diketahui. Mengetahui perbedaannya, membuat Anda tahu dan bisa mengantisipasi lebih dini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

Apa yang Harus Dilakukan Jika Ada yang Mengalami Serangan Jantung ketika Berada di Luar Rumah?

Penyakit serangan jantung memang menjadi salah satu momok yang cukup mengerikan. Kedatangannya tidak pernah terduga. Jika salah atau terlambat dalam penanganannya, bisa bisa nyawa jadi taruhan. Gangguan kesehatan terkadang sifatnya tidak terduga. Karenanya jika ada tanda tanda sering terasa nyeri pada bagian dada sesak napas dan keringat berlebih, maka boleh menjadi pertimbangan untuk memeriksakan ke […]

Read More
Kesehatan

Ini Khasiat Puasa Bagi Pengidap Penyakit Autoimun

Umat Islam di seluruh dunia sudah memasuki bulan Ramadan. Pada bulan yang disucikan ini, ibadah puasa menjadi aktivitas utama yang dijalankan umat muslim. Selain dimaksudkan sebagai bentuk ibadah, ternyata puasa juga memberi khasiat bagi kesehatan. Salah satu dampak puasa bagi kesehatan adalah memberikan efek pada regenerasi sel. Efek ini akan terjadi secara alami, dan dikenal […]

Read More